[Paradigma] Topeng

Selasa, 01 September 2009 - - 4 Comments

“TOPENG” adalah tema yang gue bahas untuk minggu ini. Tema ini muncul sekejab dalam pikiran ketika gue sedang berjalan di daerah pancoran toko tiga, ketika itu gue berjalan tepat di lorong2 yang terdapat di pinggir jalan pancoran. Gue melewati banyak toko dari yang jual asinan, makanan khas cina sampai pakaian dalam wanita. Tetapi ketika gue melewati toko yang menjual kaset MP3 lagu-lagu dari lokal sampai mancannegara, kebetulan sang penjual memutar sebuah lagu yang membuat gue berhenti sejenak sekitar 3 detik. Gue mendengar lagu itu penuh konsentrasi mendengar liriknya. Hingga suara di sekeliling gue senyap perlahan2, yang terdengar hanyalah lagu yang gue dengar.

Lyric :
Tapi buka dulu topengmu
Buka dulu topengmu
Biar ku lihat warnamu
Kan kulihat warnamu

Yap yang gue dengar ketika itu adalah lagu peterpan yang berjudul “topeng”.

ISI :

“How to be yourself when you don't even know how is yourself?”

kata-kata yang sangat luar biasa dan menusuk dari salah seorang sahabat saya juga yang pernah membahas hal ini di blognya. Tapi saya akan membahas dari pandangan saya sendiri.

Saya tidak mungkin tahu bagaimana diri saya sendiri, orang lain pun tidak ada yang tahu, sekalipun itu para ahli psikologi. Karena Kepribadian manusia sangat complex sehingga sangat sulit untuk tahu diri sendiri akan bagaimana.

Orang-orang akan sangat bangga ketika dia sudah merasa menjadi diri sendiri dan mendapatkan identitas diri dia, entah itu baik atau buruk bagi diri sendiri atau orang lain.

Tetapi pikiran saya sebaiknya mepertahankan sifat yang positive tersebut dan mengurangi intensitas kita menggunakan sifat yang tidak baik tersebut semaximal mungkin dan “tidak” menjadi diri sendiri lebih baik terlebih itu untuk kebaikan sendiri dan tentunya kalau bisa tidak merugikan orang lain.

Saya mendapat cerita menarik yang berkaitan tentang hal be yourself, meskipun ini fiksi.

Kita semua tahu pemeran utama cerita Spiderman. Iya, dia Peter parker. peter parker bisa di bilang kehidupan sosialnya berbanding terbalik di bandingkan kehidupan akademinya. Ketika menjadi Peter parker, dia pengecut, hanya bisa memandang dari jauh gadis pujaannya si mary jane, aura yang suram. tetapi ketika dia menjadi dan memakai “topeng” Spideynya, perubahan yang luar biasa terjadi dalam diri peter parker bukan?dia menjadi jauh lebih percaya diri, berani dan lain-lain. Dia tidak menjadi diri dia sendiri, tetapi dia memakai topeng ketika menjadi luar biasa.

Saya akan bertanya kepada anda, anda lebih memilih menjadi peter parker (Be Yourself) atau Peter Parker + SPidey (Not Be Yourself). Saya harap anda tentu memilih menjadi Peter Parker + SPidey.

Oleh karena itu Menurut saya ketika kita bergaul di dalam ruang lingkup social semuanya membutuhkan dan memakai “topeng”. Tentu Topeng itu bisa bermacam-macam tergantung si individu tersebut ingin seperti apa tetapi pada umumnya Kita akan berusaha sedapat mungkin memakai “topeng” yang kelihatan baik ketika berhadapan dengan orang lain.

Anda sudah memakai topeng atau akan memakai topeng?

Topeng mana yang anda pilih?


BTW, Selamat menunaikan Ibadah puasa bagi yang menjalaninya. Wassalam.

This entry was posted on Selasa, September 01, 2009 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 komentar:

T- mengatakan...

hahahahha...
nice post..
Gw ga pernah berpikiran kea gitu sebelumnya, bahwa emang kita harus pake topeng tertentu..
Ya emang harus sih ya klo dipikir-pikir xP

dan lo ngutip tulisan gw tanpa ijin yak!!!!
Gw tuntut hak cipta lo!
Hhahahahhha.. xDD

eniwei rik, gw baru selesaiin hukum dagang huhuhuhuuhuhu.. akirnya.. akirnya...

Ricky San mengatakan...

Wahhhh...jadi tersanjung baru pertama kale ada yang bilang "nice post"

hahahaha..tulisan loe kan belom di daftarin ke departemen HKI.

Ricky San mengatakan...

Wahhhh...jadi tersanjung baru pertama kale ada yang bilang "nice post"

hahahaha..tulisan loe kan belom di daftarin ke departemen HKI.

Aldo Soesilo mengatakan...

Geng... gue pake postingan loe sebagai banyak komparasi.. Haha.. thx lohhh..